Sabtu, 09 Maret 2013

Menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)


      Di awal tahun ajaran 2013/2014 banyak sekolah mengalami kendala dalam menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mengingat dalam penyusunan harus dimulai dan berangkat dari mana??? Wajar kalau setiap sekolah mengalami banyak kendala walaupun persoalannya berbeda-beda tapi substansinya sama yaitu bagaimana kurikulum itu bisa jadi dengan berbagai cara ada yang langsung copy paste dari hasil browsing dari internet pada hal itu bukan yang diharapkan.
Harapan dari Dinas Pendidikan baik itu di level Propinsi maupun Kota Madya dan Kota Kabupaten bahwa produk kurikulum sekolah yang diberi label Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan sebuah kurikulum yang benar-benar dibuat oleh sekolah yang meilibatkan unsur kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, konselor, komite sekolah dan nara sumber, sehingga dengan sinerginya unsur-unsur tersebut akan menemukan kemudahan dalam proses pembuatan kurikulum.
Untuk mempermudah dalam penyusunan komponen kurikulum perlu dibentuk sebuah team, dimana tim ini mengkoordinasikan dan mengakomodasikan berbagai kebutuhan dan permasalahan yang ada dalam proses penyusunan. Adapun tim yang bisa dikelompokkan menjadi rumpun mata pelajaran IPA, dan IPS serta team kurikulum inti dimana masing-masing bekerja sesuai dengan draf yang kita buatkan dalam konsep blue print sebagai pijakan untuk bekerja tim dalam merumuskan KTSP.
Contoh :
Sistematika KTSP SMA Negeri 1Langsa
Halaman/ Penetapan/ Pengesahan
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
  2. Landasan
  3. Visi dan Misi SMA N 1 Langsa
  4. Tujuan dan Motto SMA N 1 Langsa
  5. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
BAB II ANALISIS KEADAAN DAN POTENSI SEKOLAH
  1. Lingkungan Sekolah SMA N 1 Langsa
  2. Keadaan Sekolah SMA N 1 Langsa
  3. Personil Sekolah SMA N 1 Langsa
    1. Pendidik
    2. Kepala Sekolah
    3. Karyawan
  4. Peserta Didik SMA N 7 Yogyakarta
  5. Profil Orang Tua Peserta Didik SMA N 7 Yogyakarta
  6. Kerja Sama SMA N 7 Yogyakarta
  7. Prestasi Sekolah SMA N 7 Yogyakarta
BAB III STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
  1. Kelompok Mata Pelajaran
  2. Struktur Kurikulum SMA
    1. Mata Pelajaran
    2. Muatan Lokal
    3. Kegiatan Pengembangan Diri
    4. Beban Belajar
    5. Ketuntasan Belajar
    6. Pedoman Penilian
    7. Kenaikan Kelas, Penjurusan, Kelulusan dan Mutasi
    8. Pendidikan Kecakapan Hidup
    9. Keunggulan Lokal dan Global
BAB IV KALENDER PENDIDIKAN
  1. Awal Tahun Ajaran
  2. Waktu Belajar
  3. Kegiatan Akhir Tengah Semester
  4. Kegiatan Camping Ilmiah Seveners (CIS) dan Praktek Kerja Lapangan (PKL) KIR
  5. Libur Sekolah
  6. Jadwal Kegiatan
BAB V PEDOMAN UMUM PENGEMBANGAN SILABUS DAN RPP
  1. Silabus
    1. Pengertian
    2. Prinsip-prinsip Pengembangan
    3. Pengembangan Silabus
    4. langkah-langkah Pengembangan
  2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  3. Pedoman Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal
DAFTAR LAMPIRAN
  • CONTOH KALENDER PENDIDIKAN
  • SILABUS
  • MODEL RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
  • PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI BIMBINGAN KONSELING
  • KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
  • JADWAL KEGIATAN SEKOLAH TAHUN 2013/2014
  • MODEL LHB/RAPOR
  • SURAT KEPUTUSAN TIM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar