Selasa, 11 Desember 2012

RENCANA pelaksaan
 PEMBELAJARAN (Rpp)

Satuan pendidikan    : SMA
Mata pelajaran        : matematika
Kelas/semester         : X / ganjil
Pokok bahasan          : sistem persamaan linear
Sub pokok bahasan   : metode subtitusi
Alokasi waktu          : 2x45 menit
Jumlah pertemuan    : 1 kali pertemuan


 



A.    Standar kompetensi

1.      Memahami aplikasi dengan persamaan linear

B.     Kompetensi dasar

1.1      Menyelesaikan SPL dengan metode subtitusi

C.    Indikator

1.      Menyatakan pengertian subtitusi
2.      Menyelsaikan masalah yang berhubungan dengan subtitusi

D.    Materi ajar                             :SPL metode subtitusi

E.     Pendekatan                            : PBM

Metode pembelajaran           :diskusi kelompok & peemberian tugas

Model pembelajaran             :comperative learning

F.     Sumber pelajaran

1.      Buku siswa
2.      Buku penunjang yang terkait


G.    Langkah-langkah pembelajaran

Kegiatan guru
Kegiatan siswa
Langkah/sintax
waktu
1.      Memberikan tanya jawab yang berhubungan deangan kehidupan sehari-hari sperti luas kebun,luas kolam serta menyampaikan tujuan dan menyampaikan hal-hal yang harus di perhatikan


2.      Menyajikan masalah pada (LAS) seperti soal no 1,2,3,4,&5





3.      Guru memberi bantuan arahan pada siswa untuk memahami masalh kontekstual



4.      guru memberi arahan dan menjadi fasilator melihat dari kelompok 1 ke kelompok yang lainnya tentang sistem persamaan linear kemungkinan metode yang sesuai








































































































5.      mempersilahkan salah seorang siswa atau ketua dari kelompk untuk mempresentasikan  hasil diskusi mereka di depan kelas
6.      memberi kesempatan kepada kelompok lai untuk mepresentasi hasil diskusi di depan kelas

7.      memberi kesempatan pada masing-masing kelompok untuk memilih jawaban yang benar


8.      guru menjelaskan secara merinci agar siswa memahami konsepdari materi yang telah di diskusikan

    Penutup

v  membimbing siswa untuk merangkum hasil dari diskusi sebelumnya

Mandenagarkan penjelasan guru












Secara berkelompok siswa menyelesaikan masalah yang terdapat pada (LAS) dengan nomor 1,2,3,4&5 secara berurutan yang di selesaikan siswa sebagai berikut.



ü  Membaca cerita kontekstual percakapan antara fikar dan intan yang mengenai luas keliling kebun seorang petani.
ü  Menggambarkan kebun petani setelah di tambah ukurannya 


ü  Menyelesaikan metode subtitusi yang akan di jelaskan pada kelompok lain




  
 Untuk soal no 1

 Untuk soal no 1 siswa di minta untuk menggambarkan persegi panjang


                                             = Y km
 


                    = X km 

Untuk soal no 2

ü  Mencari luas persegi panjang

Maka di proleh luas persegi panjangnya adalah XY


Untuk soal no 3

ü  Siswa harus mngubah persegi panjang menjadi sebuah persegi


              Di tambah 2km maka p = X+3                    
                         

 










                                                 
               Di tambah 3km maka p =Y+3

Untuk soal no 4

ü  Mencari persamaan 1 nya

Dari soal no 3 maka di peroleh hasil perubahan persegi,berarti P=L maka x + 2 = y + 3 atau     x - y = 1
Maka persamaan 1 nya adalah x – y = 1

Untuk soal no 5

ü  Mencari persamaan 2 nya

Ukuran persegi panjang berubah, maka luasnyapun berubah.
Panjang di tambah 3 km maka p = x + 3
Lebar di tambah 2 km maka    p = y + 3
Jadi luas bertambah 43  berarti
Pl = xy + 43
(x + 3) (y + 2) = xy + 43
xy + 2x + 3y + 6 = xy + 43
2x + 3y = 37
Maka persamaan 2 nya adalah 2x + 3y = 37


Untuk soal no 6

ü  Mensubtitusikan dari persamaan x – y = 1 dan 2x + 3y = 37

                     x – y = 1
                           x = 1 + y
*             2x+3y=37
2(1+y)+3y=37
   2+2y+3y=37
         2+5y=37
             5y=37-2
              Y=
              Y=7
*      x-y=1
x-7=1
    x=1+7
    x=8


untuk soal no 7

ü  mencari keliling persegi panjag

K = 2 (x + y)
    = 2 (8 + 7)
    = 2 (15)
    = 30


ü  mempresentasikan hasil diskusi kepada kelompok lain




ü  membandingkan jawaban mereka dengan kelompok yang lainnya



ü  siswa memeriksa kembali hasil dari diskusinya





ü  memilih kembali cara pnyelesaian yang paling mudah atau yang paling tepat dari cara penyelesaian hasil diskusi sebelumnya




ü  siswa menulis hasil rangkuman sistem persamaan linear dengan metode subtitusi
Tahap I : memotivasi atau melakukan apersepsi









Tahap : 2 memberikan masalah-masalah kontekstual











Tahap : 3 menyelesaikan masalah kontekstual













































































































Langkah : 4
Membandingkan jawaban dengan kelompok lain
















Tahap : 5
Menyimpulkan pembelajaran
10 ‘












10 ‘















40 ‘
















































































































15 ‘



















5 ‘





















Materi pokok      : Sistem Persamaan Linear Metode Subtitusi


            Saat fikar dan intan sedang duduk di taman.fikar memberikan sebuah pertanyaan kepada intan. Dengan pertanyaannya :

 “Seorang petani  awalnya memilki kebun yang berbentuk persegi panjang kemudian petani itu membeli tanah sepanjang 2km dan membeli tanah lagi selebar 3km,hasil peubah kebun petani tersebut berupa persegi. maka, kemudian petani tersebut membeli tanah lagi sepanjang 3km dan selebar  2km. sehingga kebun yang berbentuk persegi panjang tersebut luasnya bertambah menjadi 43 . Tentukan keliling kebun yang berbentuk persegi panjang tersebut dengan menggunakan metode subtitusi?”
Setelah itu :
   fikar    :”tan,,,, dari soal yang aku berikan tadi,kebun petani tersebut awalnya berbentuk apa  ayooo ?

    Intan       :  hmm,,bentuk apa ya!!!!!!!! oh ya berbentuknya “………..………….” kan
   fikar    :    terus setelah di tambah panjangnya 2km dan lebarnya 3km,menjadi berbentuk apa ?
           intan   :     pastinya berbentuk “…………….”


    fikar    : hmm,,,,,sekarang coba kamu gambarkan gambarkan kebun petani yang berbentuk Persegi panjang dan berapa keliling kebun tersebut ?
 Intan     :  oce deh….,,,,,

         “ Dari soal cerita di atas coba kamu jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini”

1.gambarkan sebuah persegi panjang ?


 


                                                                                             
  









Misalkan pnjang = Xkm & lebar = Ykm




2.berapakah luas persegi panjang tersebut ?


 



















3.coba kamu ubah persegi panjang tersebut menjadi sebuah persegi ?


 


















4.setelah hasil perubahan berupa persegi,maka carilah persamaan 1 nya ?



 












                                                                                                                                   








5.jika persegi panjang berubah berupa persegi dan bertambah luasnya 43  maka carilah persamaan 2 nya ?
 



























6.subtitusikanlah persamaan berikut  x-y=1 dan  2x+3y=37   ?



 













7.tentukan keliling persegi panjang tersebut ?