RENCANA pelaksaan
PEMBELAJARAN (Rpp)
Satuan pendidikan : SMA
Mata pelajaran : matematika
Kelas/semester : X / ganjil
Pokok bahasan : sistem persamaan linear
Sub pokok bahasan : metode subtitusi
Alokasi waktu : 2x45 menit
Jumlah pertemuan : 1 kali pertemuan
A. Standar kompetensi
1.
Memahami aplikasi dengan persamaan linear
B. Kompetensi dasar
1.1
Menyelesaikan SPL dengan metode subtitusi
C. Indikator
1.
Menyatakan pengertian subtitusi
2.
Menyelsaikan masalah yang berhubungan dengan subtitusi
D. Materi ajar :SPL
metode subtitusi
E. Pendekatan : PBM
Metode
pembelajaran :diskusi
kelompok & peemberian tugas
Model
pembelajaran :comperative
learning
F. Sumber pelajaran
1.
Buku siswa
2.
Buku penunjang yang terkait
G. Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan
guru
|
Kegiatan
siswa
|
Langkah/sintax
|
waktu
|
1.
Memberikan
tanya jawab yang berhubungan deangan kehidupan sehari-hari sperti luas
kebun,luas kolam serta menyampaikan tujuan dan menyampaikan hal-hal yang
harus di perhatikan
2.
Menyajikan
masalah pada (LAS) seperti soal no 1,2,3,4,&5
3.
Guru
memberi bantuan arahan pada siswa untuk memahami masalh kontekstual
4.
guru
memberi arahan dan menjadi fasilator melihat dari kelompok 1 ke kelompok yang
lainnya tentang sistem persamaan linear kemungkinan metode yang sesuai
5.
mempersilahkan
salah seorang siswa atau ketua dari kelompk untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas
6.
memberi
kesempatan kepada kelompok lai untuk mepresentasi hasil diskusi di depan
kelas
7. memberi kesempatan pada masing-masing kelompok untuk
memilih jawaban yang benar
8. guru menjelaskan secara merinci agar siswa memahami
konsepdari materi yang telah di diskusikan
Penutup
v membimbing siswa untuk merangkum hasil dari diskusi
sebelumnya
|
Mandenagarkan penjelasan guru
Secara
berkelompok siswa menyelesaikan masalah yang terdapat pada (LAS) dengan nomor
1,2,3,4&5 secara berurutan yang di selesaikan siswa sebagai berikut.
ü
Membaca cerita
kontekstual percakapan antara fikar dan intan yang mengenai luas keliling
kebun seorang petani.
ü Menggambarkan kebun petani setelah di tambah
ukurannya
ü Menyelesaikan metode subtitusi yang akan di jelaskan
pada kelompok lain
Untuk soal no 1
Untuk soal no 1 siswa di minta untuk
menggambarkan persegi panjang
= Y km
= X km
Untuk soal no 2
ü
Mencari luas
persegi panjang
Maka
di proleh luas persegi panjangnya adalah XY
Untuk soal no 3
ü
Siswa harus
mngubah persegi panjang menjadi sebuah persegi
Di tambah 2km maka p = X+3
Di tambah 3km maka p =Y+3
Untuk soal
no 4
ü Mencari persamaan 1 nya
Dari
soal no 3 maka di peroleh hasil perubahan persegi,berarti P=L maka x + 2 = y +
3 atau x - y = 1
Maka
persamaan 1 nya adalah x – y = 1
Untuk soal no 5
ü Mencari persamaan 2 nya
Ukuran
persegi panjang berubah, maka luasnyapun berubah.
Panjang
di tambah 3 km maka p = x + 3
Lebar
di tambah 2 km maka p = y + 3
Jadi
luas bertambah 43
berarti
Pl
= xy + 43
(x
+ 3) (y + 2) = xy + 43
xy
+ 2x + 3y + 6 = xy + 43
2x
+ 3y = 37
Maka
persamaan 2 nya adalah 2x + 3y = 37
Untuk soal
no 6
ü Mensubtitusikan dari persamaan x – y = 1 dan 2x + 3y
= 37
x – y = 1
x = 1 + y
![]()
2(1+y)+3y=37
2+2y+3y=37
2+5y=37
5y=37-2
Y=
Y=7
![]()
x-7=1
x=1+7
x=8
untuk soal
no 7
ü mencari keliling persegi panjag
K = 2 (x + y)
= 2 (8 + 7)
= 2 (15)
= 30
ü mempresentasikan hasil diskusi kepada kelompok lain
ü membandingkan jawaban mereka dengan kelompok yang
lainnya
ü siswa memeriksa kembali hasil dari diskusinya
ü memilih kembali cara pnyelesaian yang paling mudah
atau yang paling tepat dari cara penyelesaian hasil diskusi sebelumnya
ü siswa menulis hasil rangkuman sistem persamaan
linear dengan metode subtitusi
|
Tahap I :
memotivasi atau melakukan apersepsi
Tahap : 2
memberikan masalah-masalah kontekstual
Tahap : 3
menyelesaikan masalah kontekstual
Langkah : 4
Membandingkan jawaban dengan kelompok lain
Tahap : 5
Menyimpulkan
pembelajaran
|
10 ‘
10 ‘
40 ‘
15 ‘
5 ‘
|
Materi
pokok : Sistem Persamaan Linear
Metode Subtitusi
Saat fikar dan intan sedang duduk
di taman.fikar memberikan sebuah pertanyaan kepada intan. Dengan pertanyaannya
:
“Seorang petani awalnya memilki kebun yang berbentuk persegi
panjang kemudian petani itu membeli tanah sepanjang 2km dan membeli tanah lagi
selebar 3km,hasil peubah kebun petani tersebut berupa persegi. maka, kemudian
petani tersebut membeli tanah lagi sepanjang 3km dan selebar 2km. sehingga kebun yang berbentuk persegi
panjang tersebut luasnya bertambah menjadi 43
. Tentukan keliling kebun yang berbentuk persegi
panjang tersebut dengan menggunakan metode subtitusi?”
Setelah itu :
fikar :”tan,,,, dari soal yang aku berikan
tadi,kebun petani tersebut awalnya berbentuk apa ayooo ?
Intan : hmm,,bentuk apa ya!!!!!!!! oh ya berbentuknya
“………..………….” kan
fikar : terus
setelah di tambah panjangnya 2km dan lebarnya 3km,menjadi berbentuk apa ?
intan : pastinya
berbentuk “…………….”
fikar : hmm,,,,,sekarang
coba kamu gambarkan gambarkan kebun petani yang berbentuk Persegi panjang dan
berapa keliling kebun tersebut ?
Intan : oce deh….,,,,,
“ Dari soal cerita di atas coba kamu
jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini”
1.gambarkan sebuah persegi panjang
?
Misalkan pnjang = Xkm & lebar
= Ykm
2.berapakah luas persegi panjang
tersebut ?
3.coba kamu ubah persegi panjang
tersebut menjadi sebuah persegi ?
4.setelah hasil perubahan berupa
persegi,maka carilah persamaan 1 nya ?
5.jika persegi panjang berubah
berupa persegi dan bertambah luasnya 43
maka carilah
persamaan 2 nya ?
6.subtitusikanlah persamaan
berikut x-y=1 dan 2x+3y=37
?
7.tentukan keliling persegi panjang tersebut ?